PIA, Kisah Sehari di Boro dan Sendangsono – Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik – Wates, Kulon Progo, Yogyakarta

PIA, Kisah Sehari di Boro dan Sendangsono

PIA, Kisah Sehari di Boro dan Sendangsono
by

Kamis, 10 Mei 2018 bertepatan dengan Hari Raya Kenaikan Tuhan, PIA paroki Wates mengadakan kegiatan kunjungan ke Panti Asuhan Santa Maria-Boro dan dilanjutkan ziarah ke gua Maria-Sendangsono. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk dorongan kami agar anak-anak mempunyai rasa keterlibatan dan secara khusus memupuk rasa kasih dan persaudaraan. Sedangkan kegiatan ziarah secara khusus diselenggarakan bertepatan dengan Bulan Mei yang adalah Bulan Maria. Oleh karena itu, kami juga mengajak anak-anak untuk semakin bertekun dalam doa dan devosi kepada Bunda Maria. Harapan kami semoga dengan kegiatan ini anak-anak semakin bertumbuh dan berkembang dalam iman melalui kata dan perbuatan.

Kegiatan ini diikuti oleh 80 orang yang terdiri dari 63 anak (usia TK sampai SD kelas 5/calon komuni pertama), 7 orang pendamping dan 10 OMK sebagai sie acara. Kolaborasi yang baik terjalin antara PIA dan OMK sehingga acara ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan.

Untuk dapat mengantar anak-anak sampai ke tempat tujuan, kami menyewa 3 unit bus. Sesampainya kami di Panti Asuhan, kami disambut dengan kegembiraan anak-anak panti dan juga bruder pengelola. Dalam sambutannya, Bruder Petrus Paijan mengatakan bahwa selama 2 tahun beliau berkarya di panti asuhan, baru kali ini kedatangan tamu dalam jumlah banyak dan menghadirkan teman sebaya (seusia) dengan anak-anak panti. Panti asuhan ini dihuni oleh 50 anak yang semuanya laki-laki, terdiri dari 1 anak usia TK, 24 anak usia SD dan 25 usia SMP.

OMK mengemas acara dengan sangat baik sehingga suasana menjadi meriah, ada menyanyi bersama, dan juga game. Tali kasih dari PIA untuk Panti Asuhan diserahkan oleh Ibu Ida selaku KTK PIA. Setelah berpamitan, kami melanjutkan perjalanan ke Gua Maria- Sendangsono. Disini kami makan siang bersama, dilanjutkan doa rosario dalam kelompok-kelompok kecil agar anak-anak dapat belajar memimpin doa rosario. Setelah selesai, acara dilanjutkan dengan doa pribadi di depan gua Maria dan membakar ujub doa yang sebelumnya sudah mereka tulis. Kami juga berfoto bersama, kemudian kami menuju tempat parkir untuk melanjutkan perjalanan kami pulang ke Gereja. Hari yang sungguh menyenangkan bagi kami sebagai pembimbing dan terutama bagi anak-anak.

Semoga para orang tua semakin mendukung putra-putrinya untuk aktif terlibat dalam kegiatan gereja. Salah satunya adalah kegiatan rutin PIA (sekolah minggu) yang kami adakan setiap hari Minggu di WKK setelah selesai misa. Kiranya Sabda Tuhan dalam Matius 19:14 akan sangat meneguhkan kita: “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.” Berkah Dalem

Foto-foto liputan kegiatan klik disini

Naskah kiriman Ibu Santi.

share

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: