Selasa, 23 Januari 2018 – Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik – Wates, Kulon Progo, Yogyakarta

Selasa, 23 Januari 2018

Selasa, 23 Januari 2018
by

Percikan Nas
Selasa, 23 Januari 2018
Yosep Maria de Beniganim.
warna liturgi Hijau

Bacaan-bacaan:
2Sam. 6:12b-15,17-19; Mzm. 24:7,8,9,10; Mrk. 3:31-35. BcO Kej. 21:1-21

Nas Injil:
31 Lalu datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia. 32 Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya: “Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau.” 33 Jawab Yesus kepada mereka: “Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?” 34 Ia melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata: “Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! 35 Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

Percikan:
Mungkin tidak mudah bagi Maria untuk mendengar jawaban Yesus. “Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?” (Mrk 3:33). Ibu pada umumnya akan sakit hati mendapat jawaban seperti itu kala dirinya betul-betul lagi kepingin ketemu sang anak. Namun ternyata Maria tidak sakit hati. Ia hanya terdiam dan mungkin membatinkannya dalam hati.
Tampaknya sebagai orang tua perlu mempunyai kesiapan hati kala pada saatnya akan ditinggalkan anak-anaknya. Mereka pada masanya akan mempunyai kesibukan sendiri dengan pekerjaan dan keluarganya. Situasi seperti ini kadang tidak bisa diterima secara tiba-tiba. Maka perlu dipersiapkan. Salah satu yang layak dijadikan bahan, seperti Maria, adalah kenal dan tahu bahwa pilihan anak itu sebagai perwujudan perluasan persaudaraan dan pentingnya kehadiran anak kita bagi yang lain.
Maka kiranya kita pun bisa bertanya bagaimana mempersiapkan diri menerima kenyataan kepergian anak-anak kita. Bagaimana relasi yang perlu dibangun ketika anak-anak sudah berkeluarga?

Doa:
Tuhan semoga aku mempunyai kesiapan hati ketika anak-anak sudah membina rumah tangganya. Semoga aku pun bisa mendampingi mereka agar berguna bagi banyak orang. Amin.
(goeng)

share

Recommended Posts

Comments

  1. Siiip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: