Selasa, 15 Mei 2018 – Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik – Wates, Kulon Progo, Yogyakarta

Selasa, 15 Mei 2018

Selasa, 15 Mei 2018
by

Percikan Nas
Selasa, 15 Mei 2018
Pakomius
warna liturgi Putih

Bacaan-bacaan:
Kis. 20:17-27; Mzm. 68:10-11,20-21; Yoh. 17:1-11a. BcO Kis. 26:1-32.

Nas Injil:
1 Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: “Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau. 2 Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya. 3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. 4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. 5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada. 6 Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu. 7 Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu. 8 Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. 9 Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu 10 dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. 11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

Percikan Nas
Pada bulan-bulan ini dan bulan depan para guru akan melepas murid-muridnya karena mereka telah tamat di jenjang studinya. Tergambar rasa haru guru dan murid yang berpisah. Bukan hanya murid yang patuh, bahkan murid yang bandel sekalipun sering terharu menghadapi suasana tersebut. Segala suka duka tercurahkan dalam harapan anak didiknya berkembang dengan baik dan sukses. Doa-doa pun mengalir dari mulutnya.
Yesus pun akan berpisah dengan para murid-Nya. Ia merasa saatnya sudah tiba. Para murid akan mengarungi dunia tanpa kehadiran fisiknya. Bekal doa pun diberikan oleh Yesus. Ia memohon kepada Bapa agar menjagai mereka karena mereka masih berada di dunia.
Mungkin kita pun demikian juga. Kita akan melepas siapapun yang kita percaya akan berkembang dengan lebih baik. Kita percaya yang kita lepas mempunyai kemampuan yang cukup untuk menjalani hidupnya sekaligus percaya akan rahmat Tuhan yang mendampingi. Mari kita tatap dengan tegar mereka yang akan menjalani proses hifupnya. Kita melepas mereka dengan keyakinan. Kita lambungkan doa agar Bapa melindungi.

Doa:
Bapa berkatilah saudara-saudari kami yang sedang berjuang mengembangkan diri. Dampingilah hidup mereka. Mudahkanlah mereka kala mengalami kesulitan. Bebaskanlah dari yang jahat. Amin.

Melepas dengan keyakinan.
(goeng).

share

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: