Selasa, 09 Oktober 2018 – Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik – Wates, Kulon Progo, Yogyakarta

Selasa, 09 Oktober 2018

Selasa, 09 Oktober 2018
by

Percikan Nas
Selasa, 09 Oktober 2018
Dionisius, Yohanes Leonardus, Inosensius, Ludovikus Bertrandus, Antonius Patrizi
warna liturgi Hijau

Bacaan-bacaan:
Gal. 1:13-24; Mzm. 139:1-3,13-14ab,14c-15; Luk. 10:38-42. BcO Sir. 3:1-16

Nas Injil:
38 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. 39 Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, 40 sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: “Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku.” 41 Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, 42 tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

Percikan Nas
Sibuk melakukan suatu pekerjaan kiranya bukan hal yang negatif. Pada saat ada tamu sering kita pun sibuk mempersiapkan segala sesuatu. Tidak sedikit orang malah lupa menemani tamu karena sibuk mempersiapkan hidangan untuk sang tamu.
Marta sibuk melayani para tamu ketika Yesus datang berkunjung. Mungkin ia jadi jengkel kala melihat Maria malah duduk ngobrol bersama Yesus dan tidak membantu kesibukannya. Ia pun mengadu kepada Yesus. Bukan mendapat penbelaan tapi ia malah mendapat teguran dari Yesus.
Kiranya Yesus tidak sekedar menegur Marta yang sibuk. Ia juga menegur Marta yang tidak terima dengan sikap Maria. Dua hal yang menarik di sini. Pertama pilihan kala kita kedatangan tamu. Tamu datang itu untuk bertemu dengan kita. Tentu baik sibuk menyediakan hidangan. Namun kesibukan itu jangan sampai menghilangkan kesempatan berjumpa dengan sang tamu. Kedua ketika kita memilih sesuatu kita jangan jatuh iri dengan pilihan orang lain.

Doa:
Tuhan semoga di dalam kesibukanku aku tetap mempuntai waktu untuk berjumpa dengan-Mu. Semoga aku juga tidak iri dengan pilihan beda sesamaku. Amin.

Menyambut tamu

Oktober adalah Bulan Rosario
(goeng).

share

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: