Sabtu, 17 Februari 2018 – Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik – Wates, Kulon Progo, Yogyakarta

Sabtu, 17 Februari 2018

Sabtu, 17 Februari 2018
by

Percikan Nas
Sabtu, 17 Februari 2018
Hari Sabtu sesudah Rabu Abu
warna liturgi Ungu

Bacaan-bacaan:
Yes. 58:9b-14; Mzm. 86:1-2,3-4,5-6; Luk. 5:27-32. .BcO Kel. 3:1-20.

Nas Injil:
27 Kemudian, ketika Yesus pergi ke luar, Ia melihat seorang pemungut cukai, yang bernama Lewi, sedang duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya: “Ikutlah Aku!” 28 Maka berdirilah Lewi dan meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Dia. 29 Dan Lewi mengadakan suatu perjamuan besar untuk Dia di rumahnya dan sejumlah besar pemungut cukai dan orang-orang lain turut makan bersama-sama dengan Dia. 30 Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat bersungut-sungut kepada murid-murid Yesus, katanya: “Mengapa kamu makan dan minum bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?” 31 Lalu jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; 32 Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat.”

Percikan Nas
Yesus memilih Lewi, seorang pemungut cukai, menjadi murid-Nya. Spontan orang-orang pun berkomentar negatif terhadap pilihan Yesus ini. Namun Yesus tetap memilih Lewi menjadi murid-Nya.
Memilih orang yang dicap buruk pasti akan mendapatkan banyak komentar. Bahkan orang baik yang dipilih pun akan selalu menjadi komentar bagi orang yang hobinya berkomentar dan mencela. Beberapa hari yang lalu ada menteri kita yang mendapat penghargaan sebagai menteri terbaik dunia. Namun si pencela tidak ikut berbahagia tapi malah mencela. Layak tak ada penghargaan yang disematkan padanya. Untungnya yang terpilih dan memilih menganggap lalu saja celaan tersebut. Biarlah kafilah berlalu walau anjing menggonggong.
Apakah kita takut terhadap celaan orang? Bagaimana sikap kita dalam memilih orang menjadi bagian dari diri kita?

Doa:
Tuhan semoga aku mempunyai keyakinan seperti Putera-Mu. Semoga aku tidak takut dicela kala yang aku lakukan baik adanya. Amin.
(goeng)

share

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: