Rabu, 03 Oktober 2018 – Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik – Wates, Kulon Progo, Yogyakarta

Rabu, 03 Oktober 2018

Rabu, 03 Oktober 2018
by

Percikan Nas
Rabu, 03 Oktober 2018
Daniel, Tomas Villanova
warna liturgi Hijau

Bacaan-bacaan:
Gal. 2:1-2,7-14; Mzm. 117:1,2; Luk. 11:1-4. BcO Sir. 3:17-4:10

Nas Injil:
1 Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: “Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya.” 2 Jawab Yesus kepada mereka: “Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. 3 Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya 4 dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan.”

Percikan Nas
Suatu kali seorang nenek datang sambil membawa cucunya. “Rama ini cucu saya. Dia sudah bisa berdoa lho.” Jawabku, “Oya, doa apa?” Anak itu pun menjawab doa-doa yang dihafal. Saat kuminta berdoa pun dia langsung berdoa dan hafal. Luar biasa orang tua mendidik anak tersebut.
Para murid pun datang kepada Yesus dan minta diajari berdoa. Yesus pun dengan sabar mengajari mereka suatu doa yang luar biasa. Doa Bapa Kami. Sampai sekarang kita pun masih mendoakan doa tersebut.
Kiranya layak kita pun mengajari anak-anak kita berdoa dan mengikuti tradisi Katolik. Kalau hari minggu mereka kita ajak ekaristi dari awal sampai akhir. Melatih mereka sejak kecil akan membudayakan sikap doa dan liturgi. Mereka pun akan membatinkan dan menjadikan doa dan liturgi sebagai bagian hidup yang tak terpisahkan. Hadir dalam ekaristi dari awal sampai akhir pun akan membantu mereka mencintai ekaristi secara utuh.

Doa:
Tuhan terima kasih atas ajaran doamu. Kami pun sering mendoakan doa tersebut. Bantulah kami agar kami pun agar kami pun mampu membantu anak-anak dan sesama kami berdoa. Amin.

Mengajari berdoa

Oktober adalah Bulan Rosario
(goeng).

share

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: